SEJARAH PASBHARA

By Admin 08 Jan 2019, 11:03:32 WIB PASKIBRA
SEJARAH PASBHARA

Gambar : LOGO PASBHARA


Paskibra adalah pasukan pengibar bendera. Orang pertama yang mengerek atau mengibarkan bendera (Pusaka) adalah Bapak Latief Hadiningrat dan Suhud pada detik-detik Proklamasi tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta. Dalam Memperingati HUT RI 1946, Bapak H. Muntahar (Ajudan Kepresidenan), merujuk lima orang wakil daerah yang tinggal di Yogyakarta, salah satunya Titiek Dewi, Siswa SLTA Sumbar. Bapak H. Muntahar merujuk lima orang wakil daerah maksudnya disamakan dengan lima sila dalam Pancasila. Dilanjutkan Pada HUT RI tahun 1947-1948 dengan jumlah pengibar tetap lima orang dari wakil-wakil daerah yang tinggal di Yogyakarta. Pada 1950-1966 pengibaran bendera diatur oleh Rumah Tangga Kepresidenan.

paskibra juga kegiatan kedisiplinan untuk siswa, oleh karena itu SMK Raden Paku mengadakan ekstrakurikuler paskibra agar siswa bisa lebih aktif tidak hanya dalam pembelajaran didalam kelas tetapi aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler. ekstrakurikuler paskibra yang ada di SMK Raden Paku berdiri sejak tanggal 17 Juli 2017 dan diikuti oleh siswa siswi SMK Raden Paku yang benar-benar aktif dan niat untuk menjadikan dirinya disiplin.

Nama dari Paskibra SMK Raden Paku adalah SATYA BHAKTI disingkat dengan PASBHARA yang memiliki semboyan ADHIRAJASA EKA PAKSI dengan harapan nama satya bhakti menjadikan rasa pengabdian yang tinggi untuk sekolah dan dengan semboyan tersebut menjadikan siswa-siswi yang tangguh.

arti dari logo

bentuk tameng merah putih serta burung garuda didalamnya menandakan bahwa siswa-siswi SMK Raden Paku siap memperjuangkan dan mempertahankan kedaulatan rakyat Indonesia dengan berdasarkan kepada Pancasila.

arti warna dan gambar

warna merah : berani

warna putih : suci

warna hitam : teguh pendirian

warna emas : kejayaan

pita : simbol persaudaraan

lima lancip : merupakan pancsila

tiga lancip tameng : tiga semboyan pendidikan

burung garuda : simbol negara kesatuan republik indonesia dan sebagai motivasi bahwa harus bisa mencapai cita-cita setinggi langit demi menggapai masa depan yang lebih baik.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment